RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA CILEDUG GARUT
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII IPA II dan IPA IV/1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit (2 x pertemuan)
Topik Pembelajaran : Expressions of suggestion
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
1.
Memahami
makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3.
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur
mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan
sesuatu, dan memerintah.
B. Kompetensi
Dasar
1. Merespon makna dalam percakan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari – hari dan
melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan
atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah.
3.1 mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional ( to get things done ) dan inrerpersional
(bersosialisasi ) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari – hari dan melibatkan tindak tutur:
mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan
sesuatu, dan memerintah.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
§
Mengenali
tindak tutur mengusulkan
§
Mengidentifikasi
makna tindak tutur mengusulkan
§
Membuat
ungkapan tindak tutur mengusulkan
§
Menggunakan
tindak tutur mengusulkan dengan tepat
D. Nilai
Budaya dan Karakter Bangsa
Religius,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, gemar
membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri.
E. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat:
§ Mengenali tindak tutur mengusulkan
§ Mengidentifikasi makna tindak tutur mengusulkan
§ Membuat ungkapan tindak tutur mengusulkan
§ Memahami penggunaan tindak tutur mengusulkan
F. Materi
pokok
Expression of giving and responding the suggestion dengan
kosa kata yang terkait
G. Metode
Pembelajaran/Teknik
Student team
H. Strategi
pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
-
Membahas apa itu
tindak tutur mengusulkan
-
Membahas fungsi
tindak tutur mengusulkan
-
Membahas ciri
tindak tutur mengusulkan
-
Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur
|
§ Dengan pasangan belajarnya,
siswa diberi tugas untuk membuat percakapan tentang tidak tutur mengusulkan dan melaporkan kesulitan
yang dihadapi
§ Bertanya
jawab tentang terjemahan/arti
kalimat – kalimat tindak tutur mengusulkan dari bahasa Inggris ke dalam
bahasa Indonesia.
§
Membacakan teks percakapan tindak tutur mengusulkan yang telah
dibuat.
|
Langkah – langkah kegiatan
pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§ Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan:
disiplin, rajin)
§ Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan
karakter
§ Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan
SK/kd
§ Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku
teks
Kegiatan inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kagiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian materi expressions
of suggestion.
§ Mendiskusikan materi bersama tentang tindak tutur
mengusulkan.
§ Memberikan kesempatan pada peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai tindak tutur
mengusulkan dalam beberapa contoh.
§ Siswa diminta membahas contoh tindak tutur mengusulkan
dari contoh yang diberikan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi
penguatan dalam bentuk lisan.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang diberikan sebagai
tugas terstruktur.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan.
§
Memberikan
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi tindak
tutur mengusulkan.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
tindak tutur mengusulkan.
I. Sumber/Bahan/Alat
§ English Texts in Use jilid XII English for Better Life
XII
§ Lembar kerja siswa (LKS) Bahasa Inggris penerbit CV
Hayati Tumbuh Subur
§ Power point tindak tutur mengusulkan
J. Meteri
Pembelajaran
Asking for suggestion
|
Giving for suggestion
|
Responding the suggestion
|
|
Accepting the suggestion
|
Refusing the suggestion
|
||
I’ve got a bad toothache. What do you suggest?
What do you advise me to do?
What should I do?
What ought I to do?
Do you have any suggestion for me…
|
Why don’t you go to the dentist?
I suggest/ recommend that you …
I would suggest that you.......
My suggestion is you..
Perhaps you should.....
You really should/ought to…
You’d better/must …
What/how about ........?
A possible solution is you......
|
That is good idea/suggestion.
What’s a good idea/suggestion.
That sounds good/interesting.
Thank you for your suggestion.
I’ll do/try that.
You are right.
I think so.
That’s what is in my mind.
Yes, I’d like/ love to.
Thank you/Thanks.
Why didn’t I think of that?
|
I tried that, but…
Thanks, but that won’t work/ help because …
That’s a good idea, but …
I don’t feel like it.
|
K. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan
Contoh
No
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1
|
- Memahami penggunaan tindak
tutur mengusulkan
- Membuat dialog tindak tutur
mengusulkan
- Mempraktekan secara
berpasangan tindak tutur mengusulkan
|
Tes tertulis
|
Essay
|
Please make the expression of
suggestion based on the conditions that were given below!
|
II. Instrumen penilaian
Please make the expression of suggestion based on the
conditions that were given below!
1.
I can’t
operate the computer.
2.
Oh
my god, i am late to go to school.
3.
I
get stomachache.
4.
My
English score was bad and my mother was angry.
5.
I
am sad because my relationship is broken.
Kunci
jawaban
1.
I suggest that you have to learn how to operate the computer
2.
I would suggest that you must wake up earlier.
3.
Why don’t you go to the hospital.
4.
You really should study hard before the test.
5.
You’d better move on than think about that.
III. Pedoman Penilaian
Untuk setiap nomor betul nilai 20, salah 0
Skor maksimal 20 x 5 = 100
IV. Karakter
Kelas XII IPA II
No
|
Nama Siswa
|
Nilai karakter
|
Keterangan
|
||||||||||
R
|
T
|
D
|
K
|
M
|
DM
|
RIT
|
GM
|
PD
|
PS
|
TJ
|
|||
1
|
Afrida Kartika N.
|
R= Religius
|
|||||||||||
2
|
Agi Ginanajar
|
T= Toleransi
|
|||||||||||
3
|
Anggun Samudra
|
D= Disiplin
|
|||||||||||
4
|
Aris Subagja
|
K= Kerja Keras
|
|||||||||||
5
|
Asri Nurholida
|
M= Mandiri
|
|||||||||||
6
|
Ceci Prihastuti
|
DM= Demokratis
|
|||||||||||
7
|
Dandi Andryan
|
RIT= Rasa Ingin
Tahu
|
|||||||||||
8
|
Dimas Perkasa Z.
|
||||||||||||
9
|
Dwi Rengganis
|
GM= Gemar
Membaca
|
|||||||||||
10
|
Fany Octaviani
|
||||||||||||
11
|
Fikri Fauzan
|
PD= Peduli
Lingkungan
|
|||||||||||
12
|
Giat Nugraha
|
||||||||||||
13
|
Hilmi Maulana A.
|
PS= Peduli Sosial
|
|||||||||||
14
|
Ilma Nur’afni S.
|
TJ= Tanggung
Jawab
|
|||||||||||
15
|
Intan Nur Fauziyah A.
|
||||||||||||
16
|
Kaka Fikri Maulana
|
||||||||||||
17
|
Muhammad Luthfi F.
|
Pemberian nilai
|
|||||||||||
18
|
Rizqi Maulia Mazid
|
BT= Belum
Terlihat
|
|||||||||||
19
|
Sani Ahmad Jawari
|
||||||||||||
20
|
Sillvi Sri Wahyuni
|
MT= Mulai
Terlihat
|
|||||||||||
21
|
Siti Asa Sepila
|
||||||||||||
22
|
Siti Indah Susilawati
|
MK= Mulai
Berkembang
|
|||||||||||
23
|
Wanda Ahzani N. A.
|
||||||||||||
24
|
Windi Ahzani N. A.
|
MB= Membudaya
|
|||||||||||
25
|
Windi Sanubari
|
KELAS
XII IPA IV
No
|
Nama Siswa
|
Nilai karakter
|
Keterangan
|
||||||||||
R
|
T
|
D
|
K
|
M
|
DM
|
RIT
|
GM
|
PD
|
PS
|
TJ
|
|||
1
|
Ai Kamila
|
R= Religius
|
|||||||||||
2
|
Andri Permana
|
T= Toleransi
|
|||||||||||
3
|
Arif Arifin
|
D= Disiplin
|
|||||||||||
4
|
Asep Sutiana
|
K= Kerja Keras
|
|||||||||||
5
|
Dadang Muhamad R.
|
M= Mandiri
|
|||||||||||
6
|
Dasep Sutoni
|
DM= Demokratis
|
|||||||||||
7
|
Denda Muhamad I.
|
RIT= Rasa Ingin
Tahu
|
|||||||||||
8
|
Dendi Setiawan
|
||||||||||||
9
|
Dila Islamiah N. U.
|
GM= Gemar
Membaca
|
|||||||||||
10
|
Dila Silvia
|
||||||||||||
11
|
Hendra Pratama
|
PD= Peduli
Lingkungan
|
|||||||||||
12
|
Imas Lutfiah Alawiah
|
||||||||||||
13
|
Mira Parwati
|
PS= Peduli Sosial
|
|||||||||||
14
|
Muh. Fajar Sidik
|
TJ= Tanggung
Jawab
|
|||||||||||
15
|
Muh. Sigit Lesmana
|
||||||||||||
16
|
Muh. Abdul Yusuf H.
|
||||||||||||
17
|
Muh. Sagie Suhendar
|
Pemberian nilai
|
|||||||||||
18
|
Nadia
|
BT= Belum
Terlihat
|
|||||||||||
19
|
Nina Sabrina
|
||||||||||||
20
|
Nizar Nurhakim
|
MT= Mulai
Terlihat
|
|||||||||||
21
|
Sarah Syamsiah
|
||||||||||||
22
|
Silvia Lestari
|
MK= Mulai
Berkembang
|
|||||||||||
23
|
Sopi Febryani
|
||||||||||||
24
|
Suherman
|
MB= Membudaya
|
|||||||||||
25
|
Susi Hartini
|
||||||||||||
26
|
Susi Nur Baetillah
|
Garut,
Agustus 2016
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
Ida Lumongga, S.S Aten sohib s
Tidak ada komentar:
Posting Komentar