Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMA CILEDUG GARUT
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : XII IPA II dan XII IPA IV
Alokasi Waktu : 4 x 45
menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Explanation
Pertemuan Ke : x 45 menit (1x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
Membaca
5. Memahami
makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, explanation, dan discussion
dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan..
B. Kompetensi
Dasar
5.2. Merespon makna dan langkah retorika
dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
§
Mengidentifikasi ciri-ciri
kalimat Passive
§
Memberi respond terhadap material of passive voice
§
Membuat sebuah kalimat passive voice
§
Mengubah kalimat active voice menjadi kalimat
passive voice
§ Menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan
menanyakan struktur Passive
D. Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
Religius, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, gemar membaca, peduli lingkungan,
peduli sosial, tanggung jawab, mandiri.
E. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
§ Mengidentifikasi
ciri-ciri kalimat Passive
§ Memberi respond terhadap material of passive voice
§
Membuat sebuah kalimat passive voice
§ Mengubah
kalimat active voice menjadi kalimat passive voice
§ Menirukan contoh-contoh kalimat
yang menyatakan dan menanyakan struktur Passive
F. Materi
Pokok
Kalimat aktif (active voice) adalah kalimat dimana subject-nya melakukan pekerjaan, sebaliknya, kalimat pasif (passive voice) adalah kalimat dimana subject-nya dikenai pekerjaan oleh
object kalimat. Active voice lebih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan dengan passive voice.
Namun demikian,
sering kita temukan passive voice di surat-surat kabar, artikel-artikel di
majalah-majalah dan tulisan-tulisan ilmiah. Passive voice digunakan karena object dari active voice
merupakan informasi yang lebih penting dibandingkan dengan subject-nya. Dalam kalimat pasif, objek dari kalimat aktif menjadi subjek di kalimat pasif.
Contoh:Active: The children helped the
old man.
Passive: The old man was helped by
the children.
Dari contoh di atas, terlihat bahwa
objek (the old man) di kalimat aktif menjadi
subjek di kalimat passive.Dari contoh ini dapat kita lihat bahwa:
- Object dari active voice (the soil) menjadi subject dari passive voice
- Subject dari active voice (we) menjadi object dari passive voice. Perhatikan pula bahwa terjadi perubahan dari subject pronoun ‘we’ menjadi object pronoun ‘us’.
- Verb1 (fertilize) pada active voice menjadi verb3 (fertilized) pada passive voice. Atau tergantung pada tenses yang digunakan
- Ditambahkannya be ‘is’ di depan verb3. Be yang digunakan adalah tergantung pada subject passive voice dan tenses yang digunakan. (Perhatikan pola-pola passive voice di bawah).
To make passive
voice form,we use:
Passive subject + to be + past
participle (V3)
Pembentukan
kalimat passive
TENSES
|
ACTIVE
|
PASSIVE
|
Simple present
|
The boy recites the holy Qurân.
|
The holy Qurân is recited
by the boy.
|
Present continuous
|
The
boy is reciting the holy Qurân.
|
The holy Qurân is being recited
by the boy.
|
Present perfect
|
The boy has recited the holy
Qurân.
|
The holy Qurân has been recited
by the boy.
|
Simple past
|
The boy recited the holy Qurân.
|
The holy Qurân was recited
by the boy.
|
Past continuous
|
The boy was reciting the
holy Qurân.
|
The holy Qurân was beingrecited
by the boy.
|
Past perfect
|
The boy had recited the holy
Qurân.
|
The holy Qurân had been recited
By the boy.
|
(Simple) future
|
The boy will recite the holy
Qurân.
|
The holy Qurân will be recited
By the boy.
|
Future perfect
|
The boy would have recitedthe
holy Qurân.
|
The holy Qurân would have been
Recited by the boy.
|
To be going to
|
The boy is going to recite the
holy Qurân.
|
The holy Qurân is going to berecited by
the boy.
|
G. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre listening
·
Whilst listening
·
Post Listening
H. Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya jawab tentang passive voice, kosa kata yang terkait.
§
Mengidentifikasi bagian masing masing dari
kalimat
§
Membahas ciri-ciri, passive voice kosa kata yang terkait.
§
Membacakan passive voice, kosa kata yang terkait.
§
Mengubah bentuk active voice menjadi passive
voice.
§
Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam
melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§
Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas
untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru,
a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya jawab tentang teks passive voice, kosa kata yang terkait
dengan kelompok belajarnya
§
Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam
passive voice, kosa kata
yang terkait.
§
Membahas ciri- ciri passive voice, kosa kata yang terkait
§
.menyatakan dan
menanyakan dalam bentuk passive dalam bahasa Inggris dalam proses
pembelajaran.
§
Menirukan
contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan struktur Passive
|
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa
ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan:
disiplin, rajin)
§
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
§
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan
ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait
dengan SK/KD
§
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang
tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan stimulus berupa pemberian materi passive voice, kosa kata yang
terkait.
§
Mendiskusikan materi bersama siswa, (Buku: Bahan
Ajar Bahasa Inggris mengenai passive voice, kosa kata yang terkait.
§
Memberikan kesempatan pada peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai passive voice, kosa kata yang terkait.
§
Siswa diminta membahas contoh soal dalam buku: Bahan ajar bahasa inggris mengenai passive voice, kosa kata yang
terkait.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi
penguatan dalam bentuk lisan.
§
Membiasakan siswa membuat kalimat passive voice, kosa kata yang terkait.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang diberikan sebagai
tugas terstruktur.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi
penguatan dalam bentuk lisan.
§
Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang
sudah dikerjakan. Oleh siswa
melalui sumber buku lain.
§
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§
Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan
belum bisa mengikuti dalam materi passive
voice, kosa kata yang terkait.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa diminta membuat rangkuman dari materi passive voice, kosa kata yang
terkait.
§
Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
I. Sumber/Bahan/Alat
§ English Texts in Use jilid XII English for
Better Life XII
§ Lembar kerja siswa (LKS) Bahasa Inggris penerbit
CV Hayati Tumbuh Subur
J. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Merubah kalimat aktif voice menjadi kalimat
passive voice
|
Tes Tertulis
|
essay
|
Change these active sentences into their passive
|
II. Instrumen Penilaian
Write the passive voice form from the following
sentences.
1.
Riswan is washing his car
2.
“don’t worry, my parents will prepare everything”
3.
The girls was sweeping the floor when the phone
rang.
4.
Whatever you say, people will never believe you.
5.
Zuneldy is going to take his daughter to auckland.
6.
A well-known architect is designing our new office.
7.
Farida is calling haidar and zulfa.
8.
Father fixed my laptop two days ago.
9.
The girls will see alifika in hospital this
afternoon.
10. The student must
do well in the national examination.
Jawaban.
1.
His car is being washed by riswan.
2.
Don’t worry, the everything will be prepared by my parents.
3.
The floor was being sweept when the phone rang by
the girls.
4.
Whatever you say, you will be never believed by the
people.
5.
His daughter is going to be taken to auckland by
zuneldy.
6.
Our new office are being designed by A well known architect.
7.
Haidar and zulfa are being called by farida.
8.
My laptop was fixed two days ago by father.
9.
Alifika will be seen in hospital this afternoon by
the girls.
10. In the national
examination is must done well by the student.
III. Pedoman Penilaian
Untuk setiap
nomor betul nilai 10, salah 0
Skor maksimal 10
X 10 = 100
IV.
Karakter
Kelas XII IPA I
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Karakter
|
Keterangan
|
||||||||||
R
|
T
|
D
|
K
|
M
|
DM
|
RIT
|
GM
|
PD
|
PS
|
TJ
|
|||
1
|
Afif Muhamad Fachri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R= Religius
|
2
|
Agung Mujahid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T= Toleransi
|
3
|
Arina Fujiyanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D= Disiplin
|
4
|
Barkah Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K= Kerja Keras
|
5
|
Darul Muttaqin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
M= Mandiri
|
6
|
Dede Ipat Mardiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DM= Demokratis
|
7
|
Husnul Sopia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RIT= Rasa Ingin
Tahu
|
8
|
Ineu Istiani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Iqbal Abdul Latiep
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
GM= Gemar
Membaca
|
10
|
Kania Shafa Jamila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Lilip Ulpa Latipah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PD= Peduli
Lingkungan
|
12
|
Miranti Farah Zahira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
M agung somantri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PS= Peduli Sosial
|
14
|
Neng Ayu Rahma A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TJ= Tanggung
Jawab
|
15
|
Nurul Aeni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Nurul Wahyuni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Rizka Tilawaty
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemberian nilai
|
18
|
Rosi Putry Rahayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BT= Belum
Terlihat
|
19
|
Sansan Defiyani N
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Sri Yuyun Fatmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MT= Mulai
Terlihat
|
21
|
Surya Pinata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Tegar Rohmat M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MK= Mulai
Berkembang
|
23
|
Yudha Nugraha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Yudi Permadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MB= Membudaya
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kelas XII IPA I11
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Karakter
|
Keterangan
|
||||||||||
R
|
T
|
D
|
K
|
M
|
DM
|
RIT
|
GM
|
PD
|
PS
|
TJ
|
|||
1
|
Adzie Moch . Farhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R= Religius
|
2
|
Ai Risnawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T= Toleransi
|
3
|
Dewi Sabila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D= Disiplin
|
4
|
Irma Herlina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K= Kerja Keras
|
5
|
Junaedi Setiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
M= Mandiri
|
6
|
M. Jauhari Pangestu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DM= Demokratis
|
7
|
Marlina Maria Ulfa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RIT= Rasa Ingin
Tahu
|
8
|
Moch Aditya Okta M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Monica Sita lestari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
GM= Gemar
Membaca
|
10
|
Nopi Purnamawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Nurul Anjani R
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PD= Peduli
Lingkungan
|
12
|
Restu Kusnadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Rifky Rahmawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PS= Peduli Sosial
|
14
|
Riska Yulia syafitri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TJ= Tanggung
Jawab
|
15
|
Risna Nurjaman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Selvia Nuraeni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Shallyana burhanudin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemberian nilai
|
18
|
Sinti Yuliani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BT= Belum
Terlihat
|
19
|
Sri Maryani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Syndy fauziah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MT= Mulai
Terlihat
|
21
|
Zaki Muhamad
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MK= Mulai
Berkembang
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MB= Membudaya
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Garut,
Agustus 2016
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
Ida Lumongga, S.S Aten sohib Sulaeman
Terimakasih
BalasHapus