RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA CILEDUG GARUT
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII IPA II dan IPA IV/1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit (2 x pertemuan)
Topik Pembelajaran : Expressions of command
Pertemuan Ke :
2
x 45 menit (2 x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
1.
Memahami
makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3.
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur
mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu,
dan memerintah.
B. Kompetensi
Dasar
1. Merespon makna dalam percakan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari – hari dan
melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan
atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah.
3.1 mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan inrerpersional
(bersosialisasi ) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari – hari dan melibatkan tindak tutur:
mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan
sesuatu, dan memerintah.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
§
Mengenali
expressions of command
§
Mengidentifikasi
makna expressions of command
§
Merespon
expressions of command
§
Membuat
ungkapan expressions of command
§
Menggunakan
expressions of command
D. Nilai
Budaya dan Karakter Bangsa
Religius,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, gemar
membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab, mandiri.
E. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat:
§
Mengenali
expressions of command
§
Mengidentifikasi
makna expressions of command
§
Merespon
expressions of command
§
Membuat
ungkapan expressions of command
§
Menggunakan
expressions of command
F. Materi
pokok
Materi terlampir dalam bentuk print out power
point
G. Metode
Pembelajaran/Teknik
Student team
H. Strategi
pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
-
Membahas apa itu
Expressions of command
-
Membahas fungsi Expressions
of command
-
Membahas ciri Expressions
of command
-
Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri
|
§ Dengan pasangan belajarnya,
siswa diberi tugas untuk membuat percakapan tentang Expressions of commanddan melaporkan kesulitan
yang dihadapi
§ Bertanya
jawab tentang terjemahan/arti
kalimat – kalimat Expressions of command dari bahasa Inggris ke dalam bahasa
Indonesia.
§
Membacakan teks percakapan Expressions of command yang telah dibuat.
|
§ Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan expressions command
di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah – langkah kegiatan
pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§ Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan:
disiplin, rajin)
§ Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan
karakter
§ Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan
SK/KD
§ Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku
teks
Kegiatan inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kagiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian materi Expressions
of command
§ Mendiskusikan materi bersama tentang Expressions of
command
§ Memberikan kesempatan pada peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai Expressions of
command dalam beberapa contoh.
§ Siswa diminta membahas contoh Expressions of command dari
contoh yang diberikan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi
penguatan dalam bentuk lisan.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang diberikan sebagai
tugas terstruktur.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan.
§
Memberikan
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi Expressions
of command.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
expressions of command
I. Sumber/Bahan/Alat
§ English Texts in Use jilid XII English for Better Life
XII
§ Lembar kerja siswa (LKS) Bahasa Inggris penerbit CV
Hayati Tumbuh Subur
§
Power
point Expressions of command
J. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan
Contoh
No
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1
|
- Memahami penggunaan Expressions
of command and
- Membuat dialog Expressions
of command
- Mempraktekan secara
berpasangan Expressions of command
|
Tes tertulis
|
essay
Praktek
|
Please write down expressions of command beside on
the picture
|
II.
Instrumen penilaian
Kunci
jawaban:
1. You must
move your car/motorcycle to other places
2. I told
you be silent, please. Because there is examination
3. the
teacher command you don’t be taking picture
4.
5.you must
throw the rubbish to trush
III.
Pedoman Penilaian
Untuk setiap
nomor betul nilai 20, salah 0
Skor maksimal 20
X 5 = 100
IV.
Karakter
Kelas
XII IPA I
No
|
Nama
Siswa
|
Nilai Karakter
|
Keterangan
|
||||||||||
R
|
T
|
D
|
K
|
M
|
DM
|
RIT
|
GM
|
PD
|
PS
|
TJ
|
|||
1
|
Afif
Muhamad Fachri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R=
Religius
|
2
|
Agung
Mujahid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T=
Toleransi
|
3
|
Arina
Fujiyanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D=
Disiplin
|
4
|
Barkah
Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K=
Kerja Keras
|
5
|
Darul
Muttaqin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
M=
Mandiri
|
6
|
Dede
Ipat Mardiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DM=
Demokratis
|
7
|
Husnul
Sopia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RIT=
Rasa Ingin
Tahu
|
8
|
Ineu
Istiani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Iqbal
Abdul Latiep
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
GM=
Gemar
Membaca
|
10
|
Kania
Shafa Jamila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Lilip
Ulpa Latipah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PD=
Peduli
Lingkungan
|
12
|
Miranti
Farah Zahira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
M
agung somantri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PS=
Peduli Sosial
|
14
|
Neng
Ayu Rahma A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TJ=
Tanggung
Jawab
|
15
|
Nurul
Aeni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Nurul
Wahyuni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Rizka
Tilawaty
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemberian nilai
|
18
|
Rosi
Putry Rahayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BT= Belum
Terlihat
|
19
|
Sansan
Defiyani N
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Sri
Yuyun Fatmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MT= Mulai
Terlihat
|
21
|
Surya
Pinata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Tegar
Rohmat M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MK= Mulai
Berkembang
|
23
|
Yudha
Nugraha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Yudi
Permadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MB= Membudaya
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kelas XII
IPA I11
No
|
Nama
Siswa
|
Nilai Karakter
|
Keterangan
|
||||||||||
R
|
T
|
D
|
K
|
M
|
DM
|
RIT
|
GM
|
PD
|
PS
|
TJ
|
|||
1
|
Adzie
Moch . Farhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R=
Religius
|
2
|
Ai
Risnawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T=
Toleransi
|
3
|
Dewi
Sabila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D=
Disiplin
|
4
|
Irma Herlina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K=
Kerja Keras
|
5
|
Junaedi
Setiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
M=
Mandiri
|
6
|
M.
Jauhari Pangestu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DM=
Demokratis
|
7
|
Marlina
Maria Ulfa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RIT=
Rasa Ingin
Tahu
|
8
|
Moch
Aditya Okta M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Monica
Sita lestari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
GM=
Gemar
Membaca
|
10
|
Nopi
Purnamawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Nurul
Anjani R
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PD=
Peduli
Lingkungan
|
12
|
Restu
Kusnadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Rifky
Rahmawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PS=
Peduli Sosial
|
14
|
Riska
Yulia syafitri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TJ=
Tanggung
Jawab
|
15
|
Risna
Nurjaman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Selvia
Nuraeni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Shallyana
burhanudin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemberian nilai
|
18
|
Sinti
Yuliani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BT= Belum
Terlihat
|
19
|
Sri
Maryani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Syndy
fauziah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MT= Mulai
Terlihat
|
21
|
Zaki
Muhamad
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MK= Mulai
Berkembang
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MB= Membudaya
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Garut,
September 2016
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
Ida Lumongga, S.S Aten Sohib Sulaeman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar