RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA CILEDUG GARUT
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII IPA I dan XII IPA III/1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit (2 x pertemuan)
Topik Pembelajaran : Expressions of complaint
Pertemuan Ke :
2 x 45 menit (1x pertemuan )
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
1.
Memahami
makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
Berbicara
3.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut
(sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur mengusulkan, memohon, mengeluh,
membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah.
B. Kompetensi
Dasar
1.1
Merespon makna dalam percakan transaksional
(to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut
(sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari
– hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas
kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah.
3.1 mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional ( to get things done ) dan inrerpersional (bersosialisasi ) resmi
dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari – hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh,
membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mengenali expressions of complaint
2. Mengidentifikasi Expressions of complaint dalam contoh
yang diberikan
3. Membuat ungkapan Expressions of complaint berdasarkan
kalimat yang diberikan
4. Menggunakan Expressions of complaint dengan Cara
bermain peran
D. Nilai
Budaya dan Karakter Bangsa
Religius,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, gemar
membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab, mandiri.
E. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
§
Mengenali
expressions of complaint
§
Mengidentifikasi
Expressions of complaint dalam kalimat
§
Membuat
ungkapan Expressions of complaint
§
Menggunakan
Expressions of complaint
F. Materi
pokok
Materi Expression of complaint and responding the
complaint dengan kosa kata yang terkait. Dilampirkan dalam print out power
point.
G. Metode
Pembelajaran/Teknik
Student team
H. Strategi
pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
-
Memahami apa itu Expressions of complaint
-
Membahas fungsi Expressions of complaint
-
Membedakan ciri Expressions of complaint
-
Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan
terstruktur
|
1. Siswa membacakan teks dialog
mengenai expression of complaint.
2. Siswa Membahas mengenai Responding to complain
3. Siswa Mampu membuat expression of
complaint.
4. Siswa menggunakan expression of complaint
§ 5. Bertanya jawab
tentang terjemahan/arti
kalimat – kalimat tindak tutur mengeluh dari bahasa Inggris ke dalam bahasa
Indonesia.
|
1. Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan tindak tutur mengeluh di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
2. Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio,
|
Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§ Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan:
disiplin, rajin)
§ Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan
karakter
§ Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan
SK/kd
Kegiatan
inti (70’)
Eksplorasi
Dalam
kagiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian materi Expressions
of complaint.
§ Mendiskusikan materi bersama tentang Expressions of
complaint.
§ Memberikan kesempatan pada peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai Expressions of complaint
dalam beberapa contoh.
§ Siswa diminta membahas contoh Expressions of complaint dari
contoh yang diberikan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi
penguatan dalam bentuk lisan.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang diberikan sebagai
tugas terstruktur.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
penguatan dalam bentuk lisan
§
Memberikan
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
Expression of complaint.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
tindak tutur mengeluh.
I. Sumber/Bahan/Alat
§ English Texts in Use jilid XII English for Better Life
XII
§ Lembar kerja siswa (LKS) Bahasa Inggris XII
§
Power
point Expressions of complaint
J. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh
No
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1
|
- Memahami
penggunaan Expressions of complaint
- Membuat
dialog tindak Expressions of complaint
-
Mempraktekan secara berpasangan Expressions of complaint
|
1.Tes
tertulis
2. Praktek
|
Essay /
Dialogue
|
Please make
the expression of complain based on the conditions that were given below!
|
K.
Instrumen
Penilaian
Please make Five the expressions of complaint based on
the conditions that were given below!
1.
When you are studying suddenly
sound of TV is too loud.
2.
The students come to school and
then they look the class is very
smell and dirty.
Kunci
jawaban
1.
- I
want to complaint about the sound of your
TV is too loud which disturb me
- I am sorry
to say this,but I am studying to
examination, turn down your TV, please
- Really, I am fed
up with the sound of your TV. it make me not focus of learning
- I am sorry
but this is not like what I expected your TV is noisy
- Can you turn
of your TV
2.
-
Can you clean the class is very dirty
- Would you to
throw rubbish in order that the class is cleaning
- Sorry to bother
you,but i think there is something wrong with the class which not comfortable
- I
am sorry to bring this up, but the conditions of class can not use for learning
- I
am fed up with the class is very smell
I. Pedoman
Penilaian
Untuk setiap nomor betul nilai 10-50 , salah 0
Nilai = perolehan skor 50 x 2 = 100
II.
Karakter
Kelas XII IPA I
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Karakter
|
Keterangan
|
||||||||||
R
|
T
|
D
|
K
|
M
|
DM
|
RIT
|
GM
|
PD
|
PS
|
TJ
|
|||
1
|
Afif Muhamad Fachri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R= Religius
|
2
|
Agung Mujahid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T= Toleransi
|
3
|
Arina Fujiyanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D= Disiplin
|
4
|
Barkah Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K= Kerja Keras
|
5
|
Darul Muttaqin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
M= Mandiri
|
6
|
Dede Ipat Mardiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DM= Demokratis
|
7
|
Husnul Sopia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RIT= Rasa Ingin
Tahu
|
8
|
Ineu Istiani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Iqbal Abdul Latiep
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
GM= Gemar
Membaca
|
10
|
Kania Shafa Jamila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Lilip Ulpa Latipah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PD= Peduli
Lingkungan
|
12
|
Miranti Farah Zahira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
M agung somantri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PS= Peduli Sosial
|
14
|
Neng Ayu Rahma A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TJ= Tanggung
Jawab
|
15
|
Nurul Aeni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Nurul Wahyuni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Rizka Tilawaty
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemberian nilai
|
18
|
Rosi Putry Rahayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BT= Belum
Terlihat
|
19
|
Sansan Defiyani N
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Sri Yuyun Fatmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MT= Mulai
Terlihat
|
21
|
Surya Pinata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Tegar Rohmat M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MK= Mulai
Berkembang
|
23
|
Yudha Nugraha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Yudi Permadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MB= Membudaya
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kelas XII IPA I11
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Karakter
|
Keterangan
|
||||||||||
R
|
T
|
D
|
K
|
M
|
DM
|
RIT
|
GM
|
PD
|
PS
|
TJ
|
|||
1
|
Adzie Moch . Farhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R= Religius
|
2
|
Ai Risnawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T= Toleransi
|
3
|
Dewi Sabila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D= Disiplin
|
4
|
Irma Herlina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K= Kerja Keras
|
5
|
Junaedi Setiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
M= Mandiri
|
6
|
M. Jauhari Pangestu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DM= Demokratis
|
7
|
Marlina Maria Ulfa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RIT= Rasa Ingin
Tahu
|
8
|
Moch Aditya Okta M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Monica Sita lestari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
GM= Gemar
Membaca
|
10
|
Nopi Purnamawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Nurul Anjani R
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PD= Peduli
Lingkungan
|
12
|
Restu Kusnadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Rifky Rahmawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PS= Peduli Sosial
|
14
|
Riska Yulia syafitri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TJ= Tanggung
Jawab
|
15
|
Risna Nurjaman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Selvia Nuraeni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Shallyana burhanudin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemberian nilai
|
18
|
Sinti Yuliani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BT= Belum
Terlihat
|
19
|
Sri Maryani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Syndy fauziah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MT= Mulai
Terlihat
|
21
|
Zaki Muhamad
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MK= Mulai
Berkembang
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MB= Membudaya
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT: Belum Terlihat
MT: Mulai Terlihat MK: Mulai
Berkembang MB: Membudaya
Garut,September
2016
Mengetahui
Guru pamong Guru
Praktikan
Ida lumongga, Ss Aten Sohib Sulaeman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar