Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMA CILEDUG GARUT
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : XII IPA I dan IPA III /1
Alokasi Waktu : 4 x 45
menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Explanation
Pertemuan Ke :
2 x 45 menit (1x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
Membaca
5. Memahami
makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, explanation, dan discussion
dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
B.
Kompetensi Dasar
5.2. Merespon makna dan langkah retorika
dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
§
Mengidentifikasikan tema teks yang dibaca
§
Mengidentifikasikan makna kalimat dalam teks
yang dibaca
§
Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca
§
Merespon berbagai informasi tentang isi teks
D. Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Religius Toleransi Disiplin Kerjakeras
Mandiri DemokratisRasa ingin tahu Gema
Membaca Perduli Lingkungan Perduli sosial
E. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
·
Mengidentifikasikan tema teks yang dibaca
·
Mengidentifikasikan
makna kalimat dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca
·
Merespon
berbagai informasi tentang isi teks
F. Materi
Pokok
Materi terlampir
dalam bentuk print out power point
G. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre listening
·
Whilst listening
·
Post Listening
H. Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya jawab tentang teks explanation,
kosa kata yang terkait.
§
Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam
teks explanation, kosa kata yang terkait.
§
Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks
explanation,
kosa kata yang terkait.
§
Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§
Mendengarkan cerita (secara langsung atau
dengan media elektronik).
§
Membacakan teks explanation, kosa kata
yang terkait.
§
Menceritakan kembali cerita kepada kelompok
atau kelas (monolog).
§
Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam
melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§
Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas
untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru,
a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya jawab tentang teks explanation , kosa
kata yang terkait dengan kelompok belajarnya
§
Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam
teks explanation, kosa kata yang terkait.
§
Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks
explanation, kosa kata yang terkait.
§
Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§
Mendengarkan cerita (secara langsung atau
dengan media elektronik).
§
Membacakan teks explanation, kosa kata yang
terkait kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait
dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang
diberikan guru.
§
Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam
portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang
dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa
ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan:
disiplin, rajin)
§
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
§
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan
ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait
dengan SK/KD
§
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang
tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan stimulus berupa pemberian materi teks
explanation, kosa kata yang terkait.
§
Mendiskusikan materi bersama siswa (Buku: Bahan
Ajar Bahasa Inggris mengenai teks explanation, kosa kata yang terkait.
§
Memberikan kesempatan pada peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai teks explanation,
kosa kata yang terkait.
§
Siswa diminta membahas contoh soal dalam
Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks explanation , kosa kata yang
terkait.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan siswa membuat kalimat teks explanation,
kosa kata yang terkait.
§
Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas
mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi
penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan
tugasnya.
§
Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang
sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§
Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan
belum bisa mengikuti dalam teks explanation, kosa kata yang terkait.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa diminta membuat rangkuman dari materi teks
explanation, kosa kata yang terkait.
§
Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
I. Sumber/Bahan/Alat
§
English
Texts in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Lembar kerja siswa (LKS) Bahasa Inggris
penerbit CV Hayati Tumbuh Subur
§ Power point text explanation
J. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Memahami isi materi teks explanation ,
kosa kata yang terkait.
|
Tes Tertulis
|
Essay
|
Read to the
following text and answer the questons!
|
II. Instrumen Penilaian
Text 1
How does the rain
happen?
The process of rain is the nature phenomenon that form
cycle rotation of the water on earth. In simple way, the stages of rain process
describe the process of water transmigration from ocean, sea, river, lake and
other water sources to the atmosphere and then back to the land.
The rain process starts from the heat of the sun which
makes the water surface from the sea, river, and lake evaporate to the air. The
high temperature because of the sun heat caused the water vapor having a
condensation and turns into liquid droplets. The liquid droplets getting heavy
by the high temperature and then it changed into clouds. With the help from the
wind, the clouds can move to other places. The wind makes the size of the cloud
increase and every cloud will overlap. Then, it will reach the atmosphere which
has a lower temperature. In this temperature, the particles of water is formed.
Finally,
when the wind cannot resist the weight of the cloud, the cloud which is filled
with water will through a process called precipitation. In this last process,
rain falls down to the earth.
Answer to these questions completely.
1.
What is the tittle of the text?
Answer:
……………………………………………………………………………
2.
How does the rain
process starts?
Answer: ……………………………………………………………………………
3.
What is the effect from the heat of the sun in
the rain’s process?
Answer: ……………………………………………………………………………
4.
How can the clouds move to other places?
Answer: ……………………………………………………………………………
5.
Find out the sentence which use the simple
present tense! ( at least two sentences)
Answer: ……………………………………………………………………………
Text 2
Evaporation
Solar energy evaporates exposed water from
seas, lakes, rivers, and wet soils; the majority of this evaporation takes
place over the seas. Water is also released into the atmosphere by the plants
through photosynthesis. During this process, known as evaporation, water vapor
rises into the atmosphere.
Clouds form when air becomes saturated
with water vapor. The two major types of cloud formation are stratified or
layered grey cloud called stratus, and billowing white or dark grey cloud
called cumulus. Nimbostratus clouds and cumulonimbus clouds are the two cloud
types that are associated with rainy weather, nimbostratus clouds will bring
steady rain, and cumulonimbus clouds will bring stormy weather.
Precipitation as rain or hail ensures that
water return to Earth’s surface in a fresh form. Some of this rain, however,
falls into the sea and is not accessible to human. When rain falls, it either
washes downhill slopes or seeps underground; when snow and hail melt, this
water also sink into the ground.
Rain fall also replenishes river water
supplies, as does by underground water. Snow fall may consolidate into
glaciers, and ice sheets which, when they melt, release their water into the
ground, into the stream or into the seas.
Answers
to these questions completely.
- Why does the majority of evaporation take place over seas?
Answer:
……………………………………………………………………………
2.
How do clouds form?
Answer:
……………………………………………………………………………
3.
How much major types of cloud
formation are there?
Answer:
……………………………………………………………………………
4.
What types of clouds are associated with rainy weather?
Answer:
……………………………………………………………………………
5.
What will bring continuous rain?
Answer:
……………………………………………………………………………
Kunci jawaban
Text 1
1. The title of the
text about the process rain
2. The rain process starts from the heat of the sun which makes
the water surface from the sea, river,
and lake evaporate to the air
3. The
sun heat caused the water vapor having a condensation and turns into liquid
droplets.
4. With the help from the wind, the clouds can move to other
places. The wind makes the size of the cloud increase and every cloud will
overlap.
5.
§ The process of rain is the nature phenomenon that form cycle
rotation of the water on earth.
§ The rain process starts from the heat of the sun which makes the
water surface from the sea, river, and lake evaporate to the air
Text
2
- The majority of evaporation takes place overseas because the surface of the sea gets more solar energy.
- Clouds form when air becomes saturated with water vapor.
- They are two major types.
- Nimbostratus clouds and cumulonimbus clouds are the two cloud types that are associated with rainy weather.
- Nimbostratus clouds will bring continuous rain.
III. Pedoman Penilaian
Untuk setiap
nomor betul nilai 10, salah 0
Skor maksimal 10
X 10 = 100
IV.
Karakter
Kelas XII IPA I
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Karakter
|
Keterangan
|
||||||||||
R
|
T
|
D
|
K
|
M
|
DM
|
RIT
|
GM
|
PD
|
PS
|
TJ
|
|||
1
|
Afif Muhamad
Fachri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R= Religius
|
2
|
Agung Mujahid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T= Toleransi
|
3
|
Arina Fujiyanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D= Disiplin
|
4
|
Barkah Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K= Kerja Keras
|
5
|
Darul Muttaqin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
M= Mandiri
|
6
|
Dede Ipat
Mardiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DM= Demokratis
|
7
|
Husnul Sopia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RIT= Rasa Ingin
Tahu
|
8
|
Ineu Istiani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Iqbal Abdul
Latiep
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
GM= Gemar
Membaca
|
10
|
Kania Shafa
Jamila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Lilip Ulpa
Latipah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PD= Peduli
Lingkungan
|
12
|
Miranti Farah
Zahira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
M agung
somantri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PS= Peduli
Sosial
|
14
|
Neng Ayu Rahma
A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TJ= Tanggung
Jawab
|
15
|
Nurul Aeni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Nurul Wahyuni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Rizka Tilawaty
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemberian nilai
|
18
|
Rosi Putry
Rahayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BT= Belum
Terlihat
|
19
|
Sansan Defiyani
N
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Sri Yuyun
Fatmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MT= Mulai
Terlihat
|
21
|
Surya Pinata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Tegar Rohmat M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MK= Mulai
Berkembang
|
23
|
Yudha Nugraha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Yudi Permadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MB= Membudaya
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kelas XII IPA I11
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Karakter
|
Keterangan
|
||||||||||
R
|
T
|
D
|
K
|
M
|
DM
|
RIT
|
GM
|
PD
|
PS
|
TJ
|
|||
1
|
Adzie Moch .
Farhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R= Religius
|
2
|
Ai Risnawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T= Toleransi
|
3
|
Dewi Sabila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D= Disiplin
|
4
|
Irma
Herlina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K= Kerja Keras
|
5
|
Junaedi
Setiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
M= Mandiri
|
6
|
M. Jauhari
Pangestu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DM= Demokratis
|
7
|
Marlina Maria
Ulfa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RIT= Rasa Ingin
Tahu
|
8
|
Moch Aditya
Okta M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Monica Sita
lestari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
GM= Gemar
Membaca
|
10
|
Nopi
Purnamawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Nurul Anjani R
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PD= Peduli
Lingkungan
|
12
|
Restu Kusnadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Rifky Rahmawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PS= Peduli
Sosial
|
14
|
Riska Yulia
syafitri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TJ= Tanggung
Jawab
|
15
|
Risna Nurjaman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Selvia Nuraeni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Shallyana
burhanudin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemberian nilai
|
18
|
Sinti Yuliani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BT= Belum
Terlihat
|
19
|
Sri Maryani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Syndy fauziah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MT= Mulai
Terlihat
|
21
|
Zaki Muhamad
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MK= Mulai
Berkembang
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MB= Membudaya
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Garut,
Agustus 2016
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
Ida Lumongga, S.S Aten sohib Sulaeman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar